Powered By Blogger

Jumat, 25 Januari 2013

Lubok Sukon, Satu Hal yang Tak Terlupakan


Menginjakkan kaki untuk pertama kalinya di desa Lubok Sukon mukim lubok Aceh Besar ini sungguh menyenangkan. Pasalnya, Gampong yang menjadi Desa Wisata Visit Aceh 2013 ini membuat mata saya membahana. Alamnya yang anggun, ditambah dengan konseptur rumah adat khas Aceh yang masih terjaga membuat Gampong ini layak dikunjungi. 


Gampong Lubok Sukon yang hanya berjarak 3 kilometer dari Bandara Internasional Sultan Iskandar Muda ini memiliki ciri khas tersindiri dalam menampilkan obyek wisatanya. Rumah adat Khas Aceh menjadi salah satu sajian utama Gampong ini dalam mempromosikan wisatanya,tak lupa pula alamnya yang masih perawan juga menjadi menu utama dalam perjalanan wisata anda kesini. ditambah juga dengan kearifan lokal yang masih cukup terjaga. 




Ya Lubok Sukon memang beda. gampong Lubok Sukon ini memiliki caranya sendiri dalam menyajikan menu wisata dan juga cara berwisata. Disini kita diajak ikut serta melestarikan kearifan lokalnya. Contohnya saja, setiap malam jum'at kita diajak untuk meudike. Meudike yang dalam bahasa Indonesia artinya (Berzikir) ini sudah menjadi kearifan lokal digampong ini.

Gampong Lubok Sukon ini pernah meraih penghargaan desa teladan se -Indonesia sebanyak dua . Yaitu pada tahun 1980an. Gampong yg rindang dengan pepohonan ini membuat kita ingin berlama-lama disini, ditambah lagi dengan kicauan burung yg membuat hati semakin betah tinggal disini. 

Nah, jika anda ingin berkunjung kesini maka anda tidak perlu risau soal lokasinya. Gampong ini dapat diakses melalui jalan nasional Banda Aceh-Medan beberapa kilometer dari bundaran Lambaro anda akan ditunjukkan dengan papan penunjuk arah. Setelah itu anda akan terlebih dahulu menemukan jembatan penghubung sepanjang kurang lebih 100 meter yang membelah krueng Aceh. Anda juga bisa melalui jalan Blang Bintang tepatnya beberapa meter sebelum kuburan masal Siron. Selanjutnya masih ada jalur yang dapat mengantarkan anda ke Gampong Lubok Sukon. Anda bisa melewati daerah Montasik yang berkebetulan juga terletak dijalan Banda Aceh-Medan.


Tunggu apa lagi ? Yuk, kunjungi Gampong Lubok Sukon sekarang.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar